ALL
STAFF
RUMAH
MAKAN HANDAYANI YOGYAKARTA
Assalamualaikum Warrohmatullohi
Wabarakatuh. . . . .
Sedikit
ulasan dari saya Susan. . tentang Rumah Makan Handayani Yogyakarta.
Semenjak saya mulai bekerja sampai dengan saat ini.
Rumah Makan Handayani Yogyakarta terletak di Jln. Laksda Adi Sutjipto
No.48B, tepatnya depan SPBU, kurang lebih 500 meter dari Stop an Janti. RM
Handayani sendiri yaitu cabang dari RM Handayani yang ada di Surabaya.
Saat itu hari Sabtu,06 Juni 2015
adalah hari pertamaku kerja di RM Handayani Yogyakarta. Saat itu merupakan
hari penobatanku ''first on the job''. Menurut
saya, RM Handayani ini memiliki good view dengan sentuhan jawanya, terlihat
dari gebyog yang diletakkan sebagai latar belakang panggung kecil dan ditambah
dengan ukiran-ukirannya. RM Handayani sendiri memiliki parkiran yang luas,
design interior yang nyaman dan terkesan lega, jadi kalau pun pengunjungnya
penuh tidak terasa sempit, di Handayani ini menyediakan tempat meeting yang
dinamai ''Krisna Room'', buat Rombongan tour and travel biasanya di ruang
''Rama dan Shinta'' Sedangkan untuk guest reguler di ruang ''Arjuna, Srikandi,
Hall '' serta ada yang di outdoor biasanya kami menyebutnya sebagai ''garden''.
Sehingga RM Handayani ini sangat pas buat guest reservasi baik dari Rombongan
atau Keluarga.
Bicara tentang pelayanan yang ada di Handayani pasti sangat memuaskan,
waiter-waiter plus waitressnya yang ramah,
dan yang paling oke cepat tanggap
saat serve makanan sehingga guest tidak menunggu orderan datang terlalu lama.
Dari Segi Menu-menu yang ada di RM
Handayani menarik dan unik, ada kol nenek mak erot,Ayam tombo ngidam, Iga bakar
kamandhanu, Cumi mabuk Kasmaran, es Jerman, wedang kopi susu bule, dan lain
sebagainya yang tak dapat saya sebut satu persatu. Dari beberapa menu yang
pernah saya cicipi, sangat cocok di lidah saya, karena saya notabenenya orang
Jawa Timur yang suka pedas asin, kalau Jogja sendiri lebih cenderung ke maniss
kan..
kaya saya :)
Nah dari cita rasa yang agak HOT
alias pedes-pedes gimana gitu :) tapi over all semua makanan enak banget,
lezat, pas di lidah. ''Saya pastikan yang suka pedas-pedas masakan Jawa
Timuran, silakan mampir saja ke Handayani, Gak bakal Kecewa wess''.
Untuk masalah harga memang tidak bisa
dibilang murah, tetapi semua itu sudah SEBANDING DENGAN RASA, PELAYANAN, DAN
FASILITAS yang di dapatkan. Jadi tetap perfect soal harga sudah
standart.
Di RM Handayani sendiri saya bekerja
sebagai waitress, yang kerjanya di Front Line, yang memiliki tuntutan untuk
tetap menjaga Groomy and Grooming
kepada setiap Guest yang datang. Ketika pertama kali masuk Handayani, Saya
disambut oleh Ibu Fiteri selaku Manager, kemudian dikenalkan dengan mbak
Kartika untuk diajak berkeliling mengitari Handayani, berkenalan dengan para
staff-staff nya serta ditunjukkan nama-nama setiap ruangan. Setelah itu bertemu
dengan Ibuk Riski, dia captain service yang memberikan pembekalan paada ku
tentang Job Description ku sebagai Waitress. Terima kasih. . :)
Hari berganti hari, bulan berganti
bulan gak terasa saya bekerja sudah setengah tahun di RM Handayani, meski
nyambi. Susah Senang pasti ada, Bekerja di RM Handayani sebenernya menyenangkan
banget, dan saya akui bekerja di rumah makan itu sangat melelahkan. Tapi buat
saya, semua terbayarkan dengan karyawan-karyawati di Handayani yang sangat
terbuka menerima kehadiranku, apalagi kalau guestnya cakep-cakep bikin deg-deg
an :D , Bekerja di RM Handayani Rasanya seperti mendapatkan Keluarga baru di
Jogja ini.
Temen-temen baru yang loyal dan gokill
ini membikin saya semakin nyaman, ada juga yang mencoba lebih dari sekedar
teman, satu orang yang sempat baik hati dengan ku, ia mengantar setiap aku
pulang , saya memang sempat merasa nyaman, tapi gak tau mengapa si hati gak
bisa menerima, duhh malah curhat :( yasudahlah si doi sekarang sudah resign.
Kalau yang lain hanya sampai tahap Sahabat. :D
Di RM Handayani ini ada beberapa
peraturan yang harus di taat i, dan belakangan ini banyak yang melanggarnya,
Kita sebagai Karyawan memiliki tuntutan dan tanggung jawab yang harus
dilaksanakan setiap harinya, bagaimanapun Job Description masing-masing
karyawan sebaiknya dilaksanakan dengan baik, Semoga saya bisa mengikuti ritme
kerja dengan baik , terus dapat applouse dari teman-teman, hehehe :)
Akhir
Cerita pengalaman saya selama di Handayani sampai sekarang, di Anniversarry nya
Handayani ditahun kedua ini saya punya beberapa kritikan dan saran:
Ø Saaya
mulai dari depan yaitu bagian security,
menurut saya mereka jarang pakai seragamnya, coba kalo dipakai pasti kelihatan
gagah serta kekompakan kalian. Soal parkir memakir sudah rapi baguss.
Ø Bagian Service ini sekarang melanggar
banget,
1. Pada bawa HP, padahal di
JobDes kita tidak diperbolehkan, mohon kepada management ditindak lanjut, agar
yang lainnya tidak pada iri.
2. Kepada para waitress Saat
mengorder tamu, bagaimanapun keadaan kita seenggaknya tetap memberikan
pelayanan yang terbaik ''senyum'' tidak menggerutu.
3. Kepada Waiter/Runnernya tidak
menurunkan makanan dan minuman sendiri, biarlah waitress yang menurunkan,
jikalau waitressnya bener-bener krodit, barulah berinisiatif menurunkan
sendiri.
4. Kepada Runner/waiter mohon
dicek juga saat membawa minuman, terkadang anak Bar lupa akan request2 dari
orderan.
Ø Bagian
Klinis, kepada semua anak-anak klinis kalau para waitress atau waiter minta
tolong membersihkan meja 15 misalnya, cepatlah tanggap, cepatlah bergegas,,
tidak saling ongkok-ongkok an, siapa yang masuk pagilah, sorelah. . . Saran
saya dibagi tugasnya dibikin jadwal saja.
Ø Bagian
BAR kepada semua anak bar mohon ya, saat penyajian minuman yang rapi, meski
suasana lagi krodit, karena minuman di serve pertama kali kepada tamu, bila
dilihat dari luar minuman sudah terlihat cantik apalagi rasanya pasti segerrr,
, , terutama pada juice, agar takarannya tetap sama dalam kondisi apapun,
terkadang ada complaint dari guest katanya keenceran. Untuk mengatasi hal
tersebut menurut ku membikin garnish beberapa untuk persiapan, dan
memperkirakan takaran minuman yang pas. Saya cukup memaklumi, mungkin divisi
Bar pelaksanannya masih pada training.
Ø Yang
Terakhir Divisi Product.
1. Untuk
Cook : Makanan nya enakk,, sesuai terus, minim sekali complaint, hampir gak ada
complaint, Cuma kalau no.pedas sama pedas dikit itu beda bapak ya,,, orderan
pedas dikit pernah dulu keluarnya no.pedas . . . mohon diklarifikasi lagi.
2. Dishwaser
: Jangan ngomel-ngomel terus masalah anak service nggak buang sisa makanannya,
mungkin kalau dalam suasana bener2 krodit kita tidak sempat, apalagi saat
keterbatasan karyawan wktu di depan. Mohon kerjasamanya yang baik Mr. F
3. Checker
: Buat para checker kalau ada request dari tamu jangan muring2 kepada anak
service, kita hanya menjalankan apa yang menjadi pesannan mereka, mau ngomel
kedepan saja. Masalah saat membungkus makanan, yang mengobrak-abrik mika,
plastik, dkk. Mungkin ada satu dua orang yang kayak gitu, tapi yang jelas bukan
saya :) hehe... Hadapi dengan senyuman saja ya para checker..
Demikian Kritik dan saran saya,
Semoga dapat membangun RM Handayani. Di Anniversary RM HANDAYANI YANG KEDUA ini
semoga semakin banyak Loyalitas
pelanggannya, serta maju Jaya teruss,
dan yang saya harapkan koreksi dari management lagi, agar staf-stafnya lebih
kompak dan disiplin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar