Minggu, 13 Desember 2015

First Job in Handayani



ALL STAFF


RUMAH MAKAN HANDAYANI YOGYAKARTA

Assalamualaikum Warrohmatullohi Wabarakatuh. . .  . .
Sedikit ulasan dari saya Susan. . tentang Rumah Makan Handayani Yogyakarta. Semenjak saya mulai bekerja sampai dengan saat ini.

              Rumah Makan Handayani Yogyakarta terletak di Jln. Laksda Adi Sutjipto No.48B, tepatnya depan SPBU, kurang lebih 500 meter dari Stop an Janti. RM Handayani sendiri yaitu cabang dari RM Handayani yang ada di Surabaya.
             Saat itu hari Sabtu,06 Juni 2015 adalah hari pertamaku kerja di RM Handayani Yogyakarta. Saat itu merupakan hari  penobatanku ''first on the job''. Menurut saya, RM Handayani ini memiliki good view dengan sentuhan jawanya, terlihat dari gebyog yang diletakkan sebagai latar belakang panggung kecil dan ditambah dengan ukiran-ukirannya. RM Handayani sendiri memiliki parkiran yang luas, design interior yang nyaman dan terkesan lega, jadi kalau pun pengunjungnya penuh tidak terasa sempit, di Handayani ini menyediakan tempat meeting yang dinamai ''Krisna Room'', buat Rombongan tour and travel biasanya di ruang ''Rama dan Shinta'' Sedangkan untuk guest reguler di ruang ''Arjuna, Srikandi, Hall '' serta ada yang di outdoor biasanya kami menyebutnya sebagai ''garden''. Sehingga RM Handayani ini sangat pas buat guest reservasi baik dari Rombongan atau Keluarga.

          Bicara tentang pelayanan yang ada di Handayani pasti sangat memuaskan, waiter-waiter plus waitressnya yang ramah,  dan yang paling  oke cepat tanggap saat serve makanan sehingga guest tidak menunggu orderan datang terlalu lama. Dari Segi Menu-menu yang ada di RM Handayani menarik dan unik, ada kol nenek mak erot,Ayam tombo ngidam, Iga bakar kamandhanu, Cumi mabuk Kasmaran, es Jerman, wedang kopi susu bule, dan lain sebagainya yang tak dapat saya sebut satu persatu. Dari beberapa menu yang pernah saya cicipi, sangat cocok di lidah saya, karena saya notabenenya orang Jawa Timur yang suka pedas asin, kalau Jogja sendiri lebih cenderung ke maniss kan..  kaya saya :) 

          Nah dari cita rasa yang agak HOT alias pedes-pedes gimana gitu :) tapi over all semua makanan enak banget, lezat, pas di lidah. ''Saya pastikan yang suka pedas-pedas masakan Jawa Timuran, silakan mampir saja ke Handayani, Gak bakal Kecewa wess''. 

          Untuk masalah harga memang tidak bisa dibilang murah, tetapi semua itu sudah SEBANDING DENGAN RASA, PELAYANAN, DAN FASILITAS yang di dapatkan. Jadi tetap perfect soal harga sudah standart. 

         Di RM Handayani sendiri saya bekerja sebagai waitress, yang kerjanya di Front Line, yang memiliki tuntutan untuk tetap menjaga Groomy and Grooming kepada setiap Guest yang datang. Ketika pertama kali masuk Handayani, Saya disambut oleh Ibu Fiteri selaku Manager, kemudian dikenalkan dengan mbak Kartika untuk diajak berkeliling mengitari Handayani, berkenalan dengan para staff-staff nya serta ditunjukkan nama-nama setiap ruangan. Setelah itu bertemu dengan Ibuk Riski, dia captain service yang memberikan pembekalan paada ku tentang Job Description ku sebagai Waitress. Terima kasih. . :)

        Hari berganti hari, bulan berganti bulan gak terasa saya bekerja sudah setengah tahun di RM Handayani, meski nyambi. Susah Senang pasti ada, Bekerja di RM Handayani sebenernya menyenangkan banget, dan saya akui bekerja di rumah makan itu sangat melelahkan. Tapi buat saya, semua terbayarkan dengan karyawan-karyawati di Handayani yang sangat terbuka menerima kehadiranku, apalagi kalau guestnya cakep-cakep bikin deg-deg an :D , Bekerja di RM Handayani Rasanya seperti mendapatkan Keluarga baru di Jogja ini.

        Temen-temen baru yang loyal dan gokill ini membikin saya semakin nyaman, ada juga yang mencoba lebih dari sekedar teman, satu orang yang sempat baik hati dengan ku, ia mengantar setiap aku pulang , saya memang sempat merasa nyaman, tapi gak tau mengapa si hati gak bisa menerima, duhh malah curhat :( yasudahlah si doi sekarang sudah resign. Kalau yang lain hanya sampai tahap Sahabat. :D

       Di RM Handayani ini ada beberapa peraturan yang harus di taat i, dan belakangan ini banyak yang melanggarnya, Kita sebagai Karyawan memiliki tuntutan dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan setiap harinya, bagaimanapun Job Description masing-masing karyawan sebaiknya dilaksanakan dengan baik, Semoga saya bisa mengikuti ritme kerja dengan baik , terus dapat applouse dari teman-teman, hehehe :) 

       Akhir Cerita pengalaman saya selama di Handayani sampai sekarang, di Anniversarry nya Handayani ditahun kedua ini saya punya beberapa kritikan dan saran:

Ø  Saaya mulai dari depan yaitu bagian security, menurut saya mereka jarang pakai seragamnya, coba kalo dipakai pasti kelihatan gagah serta kekompakan kalian. Soal parkir memakir sudah rapi baguss.

Ø  Bagian Service ini sekarang melanggar banget,
1. Pada bawa HP, padahal di JobDes kita tidak diperbolehkan, mohon kepada management ditindak lanjut, agar yang lainnya tidak pada iri.
2. Kepada para waitress Saat mengorder tamu, bagaimanapun keadaan kita seenggaknya tetap memberikan pelayanan yang terbaik ''senyum'' tidak menggerutu.
3. Kepada Waiter/Runnernya tidak menurunkan makanan dan minuman sendiri, biarlah waitress yang menurunkan, jikalau waitressnya bener-bener krodit, barulah berinisiatif menurunkan sendiri.
4. Kepada Runner/waiter mohon dicek juga saat membawa minuman, terkadang anak Bar lupa akan request2 dari orderan.

Ø  Bagian Klinis, kepada semua anak-anak klinis kalau para waitress atau waiter minta tolong membersihkan meja 15 misalnya, cepatlah tanggap, cepatlah bergegas,, tidak saling ongkok-ongkok an, siapa yang masuk pagilah, sorelah. . . Saran saya dibagi tugasnya dibikin jadwal saja.

Ø  Bagian BAR kepada semua anak bar mohon ya, saat penyajian minuman yang rapi, meski suasana lagi krodit, karena minuman di serve pertama kali kepada tamu, bila dilihat dari luar minuman sudah terlihat cantik apalagi rasanya pasti segerrr, , , terutama pada juice, agar takarannya tetap sama dalam kondisi apapun, terkadang ada complaint dari guest katanya keenceran. Untuk mengatasi hal tersebut menurut ku membikin garnish beberapa untuk persiapan, dan memperkirakan takaran minuman yang pas. Saya cukup memaklumi, mungkin divisi Bar pelaksanannya masih pada training.

Ø  Yang Terakhir Divisi Product.
1.       Untuk Cook : Makanan nya enakk,, sesuai terus, minim sekali complaint, hampir gak ada complaint, Cuma kalau no.pedas sama pedas dikit itu beda bapak ya,,, orderan pedas dikit pernah dulu keluarnya no.pedas . . . mohon diklarifikasi lagi.
2.       Dishwaser : Jangan ngomel-ngomel terus masalah anak service nggak buang sisa makanannya, mungkin kalau dalam suasana bener2 krodit kita tidak sempat, apalagi saat keterbatasan karyawan wktu di depan. Mohon kerjasamanya yang baik Mr. F
3.       Checker : Buat para checker kalau ada request dari tamu jangan muring2 kepada anak service, kita hanya menjalankan apa yang menjadi pesannan mereka, mau ngomel kedepan saja. Masalah saat membungkus makanan, yang mengobrak-abrik mika, plastik, dkk. Mungkin ada satu dua orang yang kayak gitu, tapi yang jelas bukan saya :) hehe... Hadapi dengan senyuman saja ya para checker..

             Demikian Kritik dan saran saya, Semoga dapat membangun RM Handayani. Di Anniversary RM HANDAYANI YANG KEDUA ini semoga  semakin banyak Loyalitas pelanggannya,  serta maju Jaya teruss, dan yang saya harapkan koreksi dari management lagi, agar staf-stafnya lebih kompak dan disiplin.              
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar